Karier Musikal 2010-2011
2010–2011: Bonamana, perubahan personil, dan pengakuan internasional
Terlepas dari kesuksesan yang mereka raih, grup ini digoncang masalah hukum dan perubahan personil saat tur konser berlangsung. Meskipun Kibum muncul di iklan dan video promosi Super Show 2, dia tidak berpartisipasi secara resmi dalam tur konser tersebut, dan mengumumkan bahwa dia meninggalkan grup untuk sementara waktu untuk mengejar karier aktingnya. Bulan Oktober 2009, Kangin divonis kasus tabrak lari setelah mobilnya menabrak taksi yang tengah parkir berisi tiga penumpang.[56] Bulan Desember 2009, Han Geng menggugat SM Entertainment, dengan tuduhan kontrak yang dijalanninya tak berdasar-hukum, kejam, dan mengabaikan hak-haknya.[57] Dia keluar dari grup, dan pada bulan yang sama Kangin mengumumkan masuk wajib militer.Dengan hanya sepuluh member tersisa, Super Junior kembali merilis album studio keempat, Bonamana bulan Mei 2010. Meskipun album ini belum mampu melampaui kesuksesan Sorry, Sorry namun mencatat penjualan album total 300.000 kopi di Korea Selatan, angka ini melebihi penjualan Sorry, Sorry. Album ini memuncaki tangga musik Jepang-Korea selama 61 minggu di Taiwan, memecahkan rekor mereka sebelumnya.[58]
Untuk mempromosikan album ini, Super Junior menyelenggarakan tur berskala Asia-bertajuk Super Show 3 pada tahun 2010 dan 2011,[59] and had sold-out concerts for each stop.[60] Bulan Februari 2011, Super Junior merilis versi film 3D dari tur mereka berjudul, Super Show 3 3D di semua bioskop CGV dan bioskop film Primus.[61] The movie debuted at number six on the box office charts and went off to become the best-selling 3D movie in Korea.[62] Setelah menyelesaikan tur di Jepang, mereka merilis Super Junior Japan 'Super Show 3' Opening Commemorative Album bulan Februari 2011, yang berada diposisi kedua chart penjualan online Tower Records Jepang. Versi DVD dari Super Junior Japan Limited Special Edition – Super Show 3 juga menduduki posisi kedua, semenata versi CD menduduki posisi 10. Album tersebut juga bertahan di posisi ketiga Chart harian Oricon selama dua hari berturut-turut dan posisi enam di chart mingguan Oricon. Mengikuti kesuksesan ini, mereka kembali merilis versi Jepang dari Bonamana bulan Juni 2011, yang langsung menduduki posisi kedua chart single harian Oricon, terjual sekitar 59.000 kopi dihari pertama perilisan,[63] namun, SM menyatakan itu bukan debut resmi Super Junior di Jepang, mereka akan didebut dalam jangka waktu tertentu .[64]
Antara kekosongan Super Show 3, grup ini ikut terlibat di SMTown Live '10 World Tour dan tur ke Los Angeles, Paris, Tokyo dan New York bersama dengan artis-artis semanajemen mereka di SM Entertainment, tampil di luar Asia untuk pertama kalinya.[65] Penampilan Super Junior mendapat sambutan baik dari media setempat,[66] dan mereka dianugerahi sebagai Ikon Budaya Pop Nasional atas peran mereka dalam menyebarkan Hallyu Wave (demam Korea), menerima Minister of Culture Awards dari Menteri Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata Korea di Pop Culture Art Awards. Mereka muncul di program Talk Asia CNN, dan mengisahkan tentang popularitas mereka dan strategi berkembang di industri musik.[67][68] Grup ini dikenal di seluruh Asia, mulai di kenal di Eropa, Amerika Utara, dan Amerika Selatan. Peringkat 30 teratas ranking “Pria Terseksi di Dunia di Peru berisi semua member Super Junior dalam daftarnya[69] They gave exclusive interviews to Slovenian and Iranian magazines,[70] dan dilipilih oleh fans Hallyu Brazil sebagai artis Korea nomor satu yang mereka inginkan mengunjungi Brazil.[71][72] TV Azteca Mexico dan BBC Inggris mengakui Super Junior sebagai ikon pemimpin efek Hallyu.[73][74]
Tidak ada komentar: