2016

23.13

2016: The Most Beautiful Moment in Life: Young Forever, Youth dan Wings

Bangtan Boys saat KCON France 2016 di Paris pada 2 Juni 2016.
BTS merilis singel Jepang keenam mereka, "Run", pada 15 Maret.[59] Pada 2 Mei, mereka merilis sebuah album kompilasi spesial bertajuk The Most Beautiful Moment in Life: Young Forever dan untuk mendukung promosi albumnya tersebut, grup ini mengadakan konser dua hari di Olympic Stadium Gymnastics Arena di Seoul pada 7-8 Mei.[60] Konser tersebut berlangsung sukses dengan dihadiri oleh sekitar 24.000 penggemar.[61] Setelah itu, mereka menggelar tur Asia dengan total 144.000 tiket sukses terjual habis.[62] Grup ini juga ikut menghadiri festival musik KCON baik di Los Angeles maupun di New York pada bulan Juni dan Juli 2016.[63]
Pada 7 September, grup merilis album studio Jepang kedua mereka yang berjudul Youth dengan penjualan lebih dari 44.000 kopi pada hari pertama rilis dan menanjak naik ke posisi pertama di tangga album harian di Jepang.[64]
Pada 10 Oktober, BTS merilis album studio kedua mereka, Wings, dengan singel utama berjudul "Blood Sweat & Tears". Prapemesanan untuk album yang berisi lima belas lagu ini dimulai pada 28 September dan mencapai lebih dari 500.000 kopi dalam pekan pertama.[65][66] Grup ini meraih status "all kill" di tangga musik Korea Selatan, [67] selain itu juga merajai tangga album iTunes di lebih dari 26 negara dan wilayah.[68] Dalam waktu 24 jam sejak video musik dirilis, "Blood Sweat & Tears" telah diputar lebih dari 6 juta kali. Mereka mematahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh EXO sebagai video grup K-pop yang paling banyak dilihat sejak dirilis dalam kurun waktu 24 jam.[69] Album berhasil bertengger di U.K. Official Albums Charts sehingga menciptakan sejarah baru sebagai penyanyi Korea pertama yang mampu meraih pencapaian tersebut.[70] Album ini juga debut pada posisi nomor 26 di tangga album Billboard 200 dengan 16.000 kopi terjual pada akhir minggu 13 Oktober. Hal ini memecahkan rekor baru untuk "Album K-pop Terlaris dan Peringkat Tertinggi" di Amerika Serikat menggeser 2NE1 dengan album Crush yang sebelumnya berada pada posisi nomor 61 pada tahun 2014. BTS juga menjadi penyanyi K-Pop pertama yang berhasil masuk Billboard 200 sebanyak tiga kali.[71] Beberapa hari kemudian, BTS berhasil memuncaki Billboard World Albums Chart, World Digital Songs Chart, dan Social 50 Chart untuk minggu 29 Oktober.[72] Mereka juga masuk dalam daftar YouTube Music Global Top 100, yakni dengan berada pada posisi ke-17 di tangga video, ke-6 di tangga artis, dan ke-14 di tangga lagu.[73]
Pada 12–13 November, BTS menggelar jumpa penggemar di Gocheok Sky Dome. Seluruh 38.000 tiket terjual habis.[74]
Pada 19 November 2016, BTS mengumumkan tur terbaru mereka bertajuk Live Trilogy Episode III: The Wings Tour. Tur ini akan menyambangi Korea Selatan, Chili, Brasil, Amerika Serikat, Thailand, Indonesia, Filipina, Hong Kong dan Australia. Pada hari yang sama, BTS memenangkan penghargaan 'Album of the Year' dengan album The Most Beautiful Moment in Life: Young Forever di Melon Music Awards. Penghargaan ini merupakan daesang atau "penghargaan utama" pertama yang diperoleh BTS sejak mereka debut.[4] Pada 2 Desember 2016, BTS meraih daesang kedua mereka untuk kategori 'Artist of the Year' di Mnet Asian Music Awards 2016.[75] Dengan raihan tersebut, BTS menjadi artis pertama bukan asuhan label "Big 3" (S.M., YG dan JYP) yang mampu memboyong penghargaan ini.[76]

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.